RSS

Jenis-jenis Outbound Training

19 Jun

 
JENIS PERMAINAN OUTBOUND
1.Birma Crosser

Tujuan outbound training permainan ini adalah melatih percaya diri untuk menghadapi segala ujian dan rintangan dalam kehidupan. Alat bantu dalam out bound training permainan ini meliputi bambu,karmentel, kong, snappling, webbing dan helm.

Adapun prosedur dalam permainan Birma Crosser adalah :

1. Setiap peseta diminta meniti bambu yang telah disediakan dengan
ketinggian 2 m dan panjang 15 m

2. Fasilitator memasangkan kelengkapan pengaman sebelum peserta
melaksanakan tugas tersebut

3. Fasilitator memberikan arahan dan motivasi agar peserta berhasil melewati bambu dengan sebaik-baiknya.

4. Fasilitator memegang tali pengaman untuk menjaga keselamatan peserta.

5. Saat pelaksanaan peserta yang lain menunggu giliran

Pemaknaan dalam program outbound permainan ini adalah :

1. Mampukah semua peserta melaksanakan tugasnya dengan baik ?
2. Adakah peserta yang merasa takut akan ketinggian ?
3. Apa kunci keberhasilan mereka ?
4. Apa yang menjadi penyebab kegagalan ?

2. Hell Barier

Tujuan outbound training permainan ini adalah melatih mengerjakan sesuatu sesuai dengan tahapannya untuk mencapai puncak yang diharapkan. Alat bantu dalam program outbound permainan ini meliputi jaring, karmentel, kong,snappling, webbing, kaos tangan dan helm.

Adapun prosedur dalam permainan ini adalah :

1. Setiap peserta diminta memanjat jaring tali setinggi 6 meter.

2. Fasilitator memasangkan kelengkapan pengaman sebelum peserta

melaksanakan tugas tersebut

3. Fasilitator memberikan arahan dan motivasi agar peserta berhasil melewati bambu dengan sebaik-baiknya.
 
4. Fasilitator memegang tali pengaman untuk menjaga keselamatan peserta.

5. Saat pelaksanaan peserta yang lain menunggu giliran.

Pemaknaan dalam permainan ini adalah :

1. Mampukah semua peserta melaksanakan tugasnya dengan baik ?
2. Adakah peserta yang merasa takut akan ketinggian ?
3. Apa kunci keberhasilan mereka ?
4. Apa yang menjadi penyebab kegagalan ?
5. Apa yang dirasakan peserta sewaktu mencapai puncak ?
6. Apa makna dari kegiatan ini ?

3. Carterpillar Race

Caterpillar race atau balap ulat bulu dapat dimainkan di lapangan Peserta dipecah jadi 3 or 4 team, terdiri dari 7-10 orang,

Instruksi

Peserta kita minta untuk membentuk formasi berbaris ke belakang dengan tangan dibahu, atau di pinggang atau berpelukan.

Tugas mereka adalah berjalan dengan teamnya dengan rute yg kita buatkan sebelumnya, bisa berupa lintasan dengan tali atau tanda-tanda patokan.

Tiap team harus bergerak secepatnya ke garis finish yg kita tentukan

Bagi Team yang barisannya rusak harus mulai lagi dari garis start.

Target

Team yang menjadi pemenang adalah yang pertama sampai di garis finish

dengan utuh.

Larangan

Larangan utama yaitu bahwa barisan tidak boleh putus.

Tidak boleh merusak formasi teamnya, misalnya tangan terlepas, terjatuhatau tertinggal sebagian.

Variasi:
 
Lintasan dapat dibuat lurus atau berkelok-kelok.

Pergerakan bisa juga dibuat maju atau mundur,Bisa juga formasi lainnya, tergantung kondisi lapangan dan juga tingkat usia peserta

4. Folding Carpet

Games ini dimainkan dengan alat bantu sebuah karpet atau terpal plastik yang ukurannya 1 meter persegi untuk 8-10 orang. Ukuran karpet dapat disesuaikan dengan jumlah peserta yang akan ikut bermain maupun tingkat kesulitan yang ingin diberikan, lebih banyak peserta maka dibutuhkan karpet yang lebih luas.

Instruksi

Pertama, seluruh peserta diminta naik ke atas karpet dan

Setelah aba-aba dimulai mereka harus dapat membalik karpet tersebut

Kelompok harus bekerja sama dalam menemukan cara dan kemudian
membalik karpet tersebut.

Target

Kelompok yang paling cepat membalik karpet dianggap sebagai pemenang.

Larangan dan Hukuman

Orang-orang yang berada di atas karpet tersebut tidak boleh turun ataupun menyentuh tanah.

Jika melakukan pelanggaran tersebut maka kelompok dianggap gagal
melakukan tugasnya.

Hukuman atas pelanggaran tersebut dapat diberikan berupa pengurangan
nilai atau potongan waktu.

Variasi

Games dapat dimainkan di dalam maupun diluar ruangan.

 
5. Hulahoop

Games ini dapat dalam kelompok, dengan jumlah anggota kelompok 6-10 orang. Hulahoop yang digunakan bisa yang terbuat dari rotan atau dari tali / webbing yg dibuat melingkar dengan diameter 1- 1,5 meter.

Petunjuk

Caranya hulahoop diletakkan di pundak salah satu anggota kelompok

Kemudian dengan didahului aba-aba, hulahoop tersebut harus berpindah dari satu anggota kelompok ke anggota yang lain sampai ke anggota keloompok yang terakhir,

Anggota kelompok boleh menggerakkan seluruh badan untuk membuat
hulaoop tersebut bergerak,

Posisi peserta dapat dibuat melingkar atau berjajar atau berbaris ke
belakang.

Larangan:

Webbing / hulahoop tidak boleh dipegang atau digenggam oleh tangan
anggota kelompok.

Variasi

Sebagai variasi, perpindahan hulahoop dapat dibuat satu arah atau bisa juga bolak-balik.

Jika menggunakan tali/webbing, dapat juga divariasikan dengan
menggunakan 2 hulahoop yang harus berpindah berlawanan arah.

Untuk lebih meriah, permainan ini dapat dimainkan dalam format kompetisi dengan membentuk 2 atau 3 kelompok jika jumlah pesertanya mencukupi, dan mereka yang paling cepat yang menang.

6. LOG LINE

Permainan ini dimainkan di luar ruang menggunakan sebuah balok kayu yang dibuat sedemikian rupa agar tidak bergerak. Panjang balok tersebut 1,5 hingga 2 meter, dan sebaiknya yang agak besar agar agak tinggi dari permukaan tanah ketika dinaiki oleh peserta. Peserta yang akan bermain terdiri dari 6-10 orang, tergantung besar dan panjang balok.

Instruksi dan petunjuk permainan

Pada awal permainan, kita minta seluruh anggota kelompok utk naik ke atas balok dan mereka harus saling membantu agar tidak terjatuh dari balok atau pun menginjak tanah.

Setelah semua naik di atas balok, kita mulai memberi instruksi dimana mereka harus berdiri berurutan sesuai instruksi yang kita minta. Misalkan saja, berdasarkan tanggal lahir,

Para Peserta harus mengatur barisan di atas balok tanpa boleh turun ke tanah, dari angka yg paling kecil ke angka yg paling besar.

Fasilitator menentukan mana yg menjadi bagian depan. Jika berhasil, lanjutkan dengan instruksi berikutnya, hingga 3 instruksi dapat mereka selesaikan dengan baik.

Larangan

Jika terjatuh pada salah satu tugas, maka dianggap gugur dan dilanjutkan

dengan tugas kedua dan seterusnya.

Variasi

Bisa saja instruksinya urutan tinggi badan, nomor rumah dll.

Permainan ini dimainkan di luar ruang

7. Flying Fox

Meluncur dari sebuah pohon dengan menggunakan sling baja. Permainan ini melatih keberanian dan ketegasan dalam mengambil keputusan, karena sekalipun sudah menggunakan alat pengamanan yang Optimal peserta akan bertarung dulu dengan rasa takutnya sebelum akhirnya memutuskan untuk melompat. Umumnya setelah meluncur Sensasinya yang luar biasa membuat kebanyakan peserta ingin mengulanginya lagi

8. Toxic Waste

•Permainan ini adalah permainan yang populer, permainan untuk kelompok kecil dan selalu berhasil membangun inisiatif kebersamaan, memberikan tantangan untuk teamwork selama 30-45 menit. Melatih proses berpikir,berimajinasi, aksi, berfantasi, mengambil resiko, dan membuat solusi yang menarik

•Dapat dimainkan oleh reamja dan orang dewasa

•Tantangannya adalah memindahkan toxic waste (limbah beracun) kedalam wadah penetralisir dengan peralatan minim sambil menjaga jarak aman dalam batas waktu yang ditentukan

•Tingkat kesulitan – sedang. Hindari untuk memainkan permainan inidengan kelompok yang sedang menjalani tahap awal proses group development. Paling baik dilakukan di akhir acara dan/atau ketika kelompok sudah kompak dan dapat mengatasi masalah-masalah teamwork dasar

•Dapat dilakukan di dalam dan luar ruangan; akan lebih dramatis dimainkan di luar ruangan karena kita dapat menggunakan air sebagai pengganti bola, sebagai toxic waste.

Processing Ideas

•Selalu ada komunikasi dan keputusan kunci yang muncul selama
permainan yang dapat dibahas di debriefing akhir yang sangat berguna.

•Permainan ini akan mengekspos proses dan masalah yang berhubungan dengan berbagai aspek teamwork termasuk kerjasama, komunikasi, kepercayaan, pemberian wewenang (empowerment), risk-taking, support, problem-solving, decision-making, dan leadership

•Dapat direkam dalam bentuk video untuk analisis dan debriefing diakhir permainan

•Bagaimana mengukur keberhasilan kelompok?
Misalnya. Pertimbangkan:

o Berapa waktu yang mereka butuhkan?

o Apakah ada air yang tumpah?

o Apakah ada kecelakaan atau yang terluka? (Biasanya karena peserta bersemangat ingin segera menyelesaikan permainan mereka tidak akan peduli dengan pelanggaran yang mereka buat dan seperti mengabaikan terjadinya kecelakaan atau luka (injury) atau kematian akibat kecerobohan yang terjadi ketika permainan berlangsung. Pastikan ada evaluasi objektif untuk performa mereka – yang jarang ada yang ‘sempurna’)

• Beberapa baik kelompok mengatasi tantangan ini? (misalnya dari skala
10?)

• Bagaimana reaksi awal kelompok tersebut?

• Skill apa yang dibutuhkan kelompok tersebut untuk sukses?

• Apa yang dilihat oleh observer sebagai kekuatan dan kelemahan
kelompok?

• Bagaimana kelompok tersebut mendapatkan ide-ide terbaik mereka?
 
• Apa yang dipelajari oleh setiap anggota kelompok tentang dirinya sendiri sebagai seorang anggota kelompok?

• Pelajaran apa saja yang didapat dari permainan ini dan yang mana yang dapat diterapkan di situasi yang akan datang?

9.SPIDER WEB

Seluruh peserta harus berpindah dari satu sisi ke sisi yang lain melalui sebuah jaring laba-laba raksasa dengan dibantu rekan yang lain.

Aturan Main :

• Tidak boleh melalui lobang yang sudah pernah dilalui.

• Badan dan pakaian tidak boleh menyentuh tali, tiang atau pohon tempat tali diikat.

• Tidak boleh melakukan lompatan.

Tipe: Strategic Game

Target : team work dalam mencapai target, inovasi-kreativitas , disiplin

10.TRUST FALL

Pada permainan ini peserta secara bergantian akan bergantian akan
menjatuhkan diri ke belakang dari sebuah platform yang tersedia dan rekan-rekan yang lain menangkapnya di bawah.

Aturan Main :

• Yang Jatuh adalah mereka yang akan menerima aba-aba untuk menjatuhkan dirinya ke belakang dari Fasilitator.

• Yang Menangkap adalah mereka yang menangkap Yang Jatuh.

• Peserta yang akan menjatuhkan diri harus menanggalkan jam tangan,
cincin atau kacamatanya terlebih dahulu.

• Peserta yang menjatuhkan dirinya harus berdiri tegak dan kaku. Kedua tangan di samping badan atau terlipat di dada sambil memegang pundak. Berdiri membelakangi rekan-rekan yang akan menangkap.

• Ketika menjatuhkan diri ke belakang, peserta dilarang membuka
tangannya sehingga tidak memukul rekan yang menangkap di bawah.

• Peserta yang menangkap membentuk dua barisan rapat, yang saling berdiri berhadapan dengan jumlah anggota barisan yang sama serta bahu saling bersinggungan dengan rekan sebaris. Masing-masing barisan membentuk bantalan mendarat yang kuat dan lentur dengan cara merentangkan tangan ke depan sejajar dengan bahu dengan telapak tangan menghadap ke atas, dan masing-masing tangan direntangkan berselang-seling dengan rekan pada barisan di depan.

• Peserta yang menangkap dilarang mengepalkan tangan ketika menangkap

11.GRASS IN THE WIND

Pada permainan ini peserta secara bergantian akan bergantian akan
merubuhkan diri ke arah rekan kelompok yang berdiri di sekeliling nya dan rekan-rekan yang lain menahan dan kemudian mendorongnya ke arah yang lain.

Aturan Main :

• kelompok membuat lingkaran kecil dengan posisi tangan di depan dada

• satu anggota kelompok berdiri di pusat lingkaran.

• peserta yang di tengah menjatuhkan badan seperti kayu tumbang, dengan kaki yang tidak berpindah dan tetap rapat.

• sisa kelompok yang ada bertugas menahan kemudian mendorongnya ke arah yang lain.

12.ALMOST INFINITE CIRCLE

Peserta diminta untuk dapat melepaskan tali yang terikat dengan tali
pasangannya, dimana tali tersebut masing-masing terikat di kedua pergelangan
tangan masing-masing orang.

Aturan Main :

• Tidak boleh memotong tali

• Tidak boleh membuka simpul yang mengikat ke pergelangan tangan..

13. Tupai dan Pemburu

Permainan dapat dilakukan di ruangan yang cukup besar atau pun di halaman, dengan jumlah peserta tidak terbatas, lebih baik dengan jumlah kelipatan 3 plus 1. Misalnya 13, 16, 22, atau 31…dst.

Instruksi dan petunjuk permainan

 Awalnya kita minta peserta membentuk lingkaran,

 kemudian secara cepat kita minta mereka membentuk kelompok- kelompok yang terdiri dari 3 orang, sehingga pasti akan tersisa satu orang yang tidak mempunyai kelompok.

 Dari 3 orang tersebut kita minta satu orang menjadi tupai yang akan jongkok/merunduk, berada di antara 2 rekan lainnya yang membentuk pohon dengan cara berpegangan tangan saling berhadapan, seperti pada permainan “ular naga panjangnya”.

 Fasilitator akan mulai dengan memberikan cerita, di mana dalam ceritanya akan diselipkan kata PEMBURU, ANGIN, dan BADAI.

o Jika disebut kata PEMBURU, maka semua tupai harus pindah ke pohon yang lain, jadi berpindah ke kelompok lainnya, secepatnya.Pohon tetap diam di tempat.

o Jika disebut kata ANGIN, maka yang berpindah adalah pohon, tanpa
boleh melepas pegangan tangannya, mencari tupai yang lain.

o Namun jika yang disebut adalah BADAI, maka semua harus berpindah
dan berganti peran, boleh jadi tupai atau pohon dan sebaliknya.

 Cerita akan dilanjutkan oleh satu orang yang tidak mendapat tempat/pasangan, dan diteruskan hingga beberapa kali

 Pada saat berpindah, orang yang bercerita harus ikut segera mencari
kelompok dan peran sebagai tupai/pohon yang kosong.

14. Helium Stick

Ringkasan

Aktifitas kelompok yang sederhana dan menipu. Bentuk dua baris menghadap satu sama lain. Letakkan sebuah batang (stick) diatas jari telunjuk semua peserta. Goal: turunkan ke tanah. Yang terjadi: stick bergerak ke atas

Acknowledgements

Preston Cline mengajarkan permainan ini pada saat guest lecture untuk “Philosophy and Methods in Outdoor Education” di the University of New Hampshire, USA, 2001

Memproses Ide

• Bagaimana reaksi awal yang diberikan kelompok tersebut?

• Sebaik apa kelompok tersebut dapat mengatasi tantangan ini?

• Skill apa saja yang dibutuhkan untuk menunjang keberhasilan sebuah
kelompok?

• Solusi kreatif apa saja yang muncul dan bagaimana saran-saran tersebut diterima oleh yang lain?

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 19 Juni 2011 in ARTIKEL

 

Tag: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: