RSS

ISO 9001:2008 ???

19 Jun

Berhubung kita tidak mengetahui banyak tentang adanya perubahan ISO yang berubah menjadi ISO 9001:2008, maka perlu penjelasan dalam memahami perubahan tersebut :

Secara prinsip tidak ada perbedaan yang signifikan antara ISO 9001:2008 dibandingkan dengan ISO 9001:2000. Dalam versi yang baru ini tidak ada tambahan klausul melainkan hanya terdapat beberapa penyempurnaan dari kalusul yang sudah ada. Di standard versi 2008 tidaka da perubahan persyaratan (‘requirement’) ataupun penambahan ‘requirement’.

Tujuan utama dikeluarkan System Manajemen Mutu (SMM) ISO 9001:2008 ini adalah bertujuan untuk mengklarifikasi atau lebih menjelaskan inti atau substansi dari ISO 9001 versi sebelumnya, yakni system Manajemen Mutu (SMM) ISO 9001:2000 dan untuk lebih meningkatkan kompatabilitas nya atau kesesuaiannya dengan System Manajemen Lingkungan ISO 14001:2004.

Meskipun “perubahan” dalam ISO 9001:2008 hanya dikatakan klarifikasi dan disana juga tidak ada kalusul baru, tetapi hampir disetiap klausul ada “perubahan”, baik berupa penjelasan tambahan (addition),maupun penghapusan (deletion).

Manfaat adanya ISO bagi perusahaan, yaitu :

  • Mampu membuat system kerja dalam organisasi menjadi standar yang terdokumentasi, sehingga sistem kerja dan dokumentasi akan lebih rapi. Seluruh bagian baik pusat dan di cabang harus bersungguh-sungguh untuk melakukan perbaikan sistem kerja dan dokumnatasi lebih tertata dengan baik.
  • Meningkatkan semangan kerja karyawan karena adanya kejelasan kerja sehingga tercapai efisiensi. Ob desk lebih jelas dan kompetensi masing-masing karyawan, melalui pelatihan, seminar dll, akan terkendali dengan baik.
  • Dipahaminya berbagai kebijakan dan prosedur operasi yang berlaku bagi seluruh organisasi. Dengan ISO maka tiap2-tiap bagian akan membuat prosedur secara tertulis (dalam bentuk SOP), sehingga mereka akan bekerja dengan SOP yang sudah terdokumentasi, hal ini akan dapat mengeliminir kesalahan.
  • Meningkatkan pengawasan terhadap pengelolaan pekerjaan. Dengan ISO maka setiap bagian dituntut untuk membuat sasaran mutu, dan hasil sasaran mutu akan menajdi salah satu penilaian kinerja.
  • Sebgai saran pemsaran, akrena dengan ISO yang dimiliki menjadi salah satu keunggulan pada saat melakukan penetrasi pasar.
  • Senantiasa melakukan perubahan yang lebih baik. Salah satu hal yang penting dari ISO adalah continually improvement, hal ini secara langsung menuntut semua bagian secara terus menerus memperbaiki kinerjanya dan selalu berusaha meningkatkan pelayanan kepada coustomer.




 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 19 Juni 2011 in ARTIKEL

 

Tag: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: